Subscribe to RSS Feed

Senin, 13 Desember 2010

Pengertian Cinta dan Kasih Sayang

Cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Dalam kamus bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sayang suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan begitu arti keduanya hampir bersamaan. Tapi terdapat perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya .

Peranan cinta sangat penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Cinta juga pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia selalu mengikuti dan menyembah Tuhannya dengan ikhlas.

Menurut Erich Formm, cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggungjawab, perhatian dan pengenalan

Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono, cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan.

Menurut Dr. Abdullah Nasih Ulwan, cinta adalah fitrah manusia yang murni, yang tak dapat terpisahkan dengan kehidupannya.

Dalam firman Allah dalam surah At-Taubah ayat 24, cinta memiliki tiga tingkatan yaitu, tinggi, menengah dan rendah. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kita kepada Allah, Rasulullah dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.

catatan : postingan ini saya ulas dari artikel yang diberikan oleh dosen Ilmu Budaya Dasar

0 komentar:

Posting Komentar