Subscribe to RSS Feed

Jumat, 24 Desember 2010

money talks

Budaya dapat diartikan sebagai sesuatau yang dibuat oleh manusia dilakukan dan dijadikan kebiasaan, dan dapat menjadi suatu ciri khas atau kepercayaan suatu kelompok, individu, negara dan ras. dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang kekuatan uang atau budaya money talks.
uang sangat dibutuhkan oleh seluruh umat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. apapun akan dikerjakan manusia untuk mendapatkan uang agar dapat bertahan hidup. ketika kita berbicara tentang etika, logika dan estetika hal ini mempunyai hubungan dengan uang. etika artinya kebaikan, untuk mendapatkan uang sebaiknya kita menggunakan etika atau cara yang baik dan halal. budaya money talks memiliki dampak negatif dengan menyampingkan etika sehingga manusia menggunakan cara curang untuk mendapatkan uang dan menggunakan kekuatan uang untuk hal negatif. contohnya korupsi, sogok menyogok dsb. logika artinya kebenaran untuk mendapatkan uang  kita harus menggunakan logika atau cara yang benar. budaya money talks memacu manusia menggunakan logika untuk mendapatkan uang walaupun dengan cara negatif. estetika artinya keindahan, uang memenuhi sebuah kebutuhan manusia yaitu keindahan. budaya money talks memacu manusia menyampingkan etika demi uang untuk memenuhi kebutuhan estetika.

di indonesia budaya money talks sudah cukup populer. hal ini sungguh memberikan dampak negatif bukan hanya kepada satu individu atau kelompok tetapi merugikan negara.contohnya kasus korupsidan suap yang dilakukan gayus yang berarti dia menyampingkan nilai etika. masih banyak lagi kasus korupsi yang dilakukan warga negara indonesia. contoh kecil kita beralih kepada aparat polisi ketika kita ditilang oleh polisi karena melanggar lalu lintas hanya dengan sejumlah uang kita bisa bebas. betapa ironisnya hal ini, hukum di negara indonesia tidak berfungsi dengan baik karena uang. kita sebagai mahasiswa harus belajar dari apa yang terjadi dan tidak melakukannya ketika kita berada diposisi mereka yang membudidayakan budaya money talks. kita adalah mahasiswa, pedulilah dengan negara indonesia jadikan negara kita maju. masa depan bangsa ada pada kita.

0 komentar:

Posting Komentar